GAJI KAPAL PESIAR 


















 BERAPA SIH GAJI KERJA DI KAPAL PESIAR..?

Mungkin kamu banyak yang bertanya-tanya, berapa sih gaji kerja di kapal pesiar.? Jawabanya adalah tidak ada ketentuan yang pasti, karena setiap perusahaan kapalpesiar mempunyai aturan sendiri-sendiri mengenai sistim gaji yang mereka terapkan. Misalnya gaji housekeeping cleaner di Carnival belum tentu sama dengan gaji housekeeping cleaner di Royal Caribbean Cruise Lines. Makanya sebelum kamu mendaftar ke kapal pesiar alangkah baiknya melakukan komparasi yang jeli tentang masalah ini.

SISTIM PEMBERIAN GAJI

Sistim pemberian gaji kerja di kapal pesiar lambat laun mulai berubah.Yang dulunya manual alias petugas crew purser membagi amplop gaji langsung kepada crew membernya. Sekarang berubah menjadi gaji elektronik, alias gajian kamu akan langsung masuk ke dalam rekening bank kamu. Atau biasanya di RCCL bekerja sama dengan citibank dengan membuat debit mastercard untuk crew. Hal ini dirasa paling nyaman untuk crew. Karena mereka tidak memegang gaji secara kontan, namun tersimpan aman di bank. Selain bisa mencegah pemborosan, juga faktor keamanan lebih terjamin.
BESARKAH GAJI KERJA DI KAPAL PESIAR..?TERNYATA TIDAK SEPERTI YANG DIBAYANGKAN
Besarnya gaji kerja di kapal pesiar cukup bervariasi. Tentunya sesuai dengan posisi kerja di kapal pesiar. Gaji yang terbesar tentunya dimiliki oleh sang kapten kapal yakni di kisaran $ 110.981 – $ 153.379 per tahun. Gaji terendah sekitar $ 575 – $ 625 per bulan untuk utility cleaner. Sedangkan untuk assistant waiter bisa memperoleh berkisar diantara $ 1200 – $1600. Gaji waiter di kisaran $ 2200 – $ 2800 perbulan, kerja di dinningroom memang sangat bergantung pada tips tamu dan perolehan rating kerja tiap cruisenya.
Dibagian cook pun macam-macam, tergantung rank juga. Utility cook misalnya memperoleh gaji terendah di kisaran $ 850, sedangkan sous chef bisa mencapai $ 2200. Untuk bagian mesin seperti deck engine sekitar $ 1200 perbulan. Sedangkan housekeeping cleaner sekitar $ 860 – $950 dan cabin steward sekitar $2500 – $3000 per bulan.
kapal pesiar
Jangan mudah tergiur dengan iming-iming gaji besar kalau bekerja di kapalpesiar. Biasanya orang  Indonesia yang pertama kali naik kapal harus dimulai dari nol, alias utility cleaner dulu. Jarang sekali orang Indonesia yang baru masuk kerja langsung berada di posisi assistant waiter ataupun waiter, kecuali kamu sudah punya pengalaman bekerja di kapal pesiar sebelumnya.

Komentar