FUNGSI HOUSKEEPING KAPAL PESIAR 











FUNGSI UTAMA
Fungsi utama dari Housekeeping Department adalah menjaga semua area hotel tetap bersih dan memastikan sanitasi yang sempurna sebagai bagian dari pelayanan yang nyata terhadap para tamu dan konsumen. Housekeeping attendant membersihan karpet dan furnitur di koridor, kamar tamu dan public area. Mereka mengumpulkan sampah dan mengosongkan keranjang sampah, mengganti seprai dan membereskan tempat tidur. Mengisi ulang sabun dan tisu toilet di public toilet dan mengganti peralatan mandi dan perlengkapan di kamar tamu. Mereka membersihkan dan memoles furnitur. Di beberapa hotel, mereka juga harus membawakan barang-barang yang diminta para tamu, seperti boks bayi, extra bed, dll. Tangan-tugas fisik ini merupakan kewajiban Housekeeping Attendant dan staf kebersihan yang sebenarnya.


FUNGSI PENGAWASAN
Dalam bisnis perhotelan pekerjaan mengatur dan mengkoordinasikan kegiatan pembersihan dilakukan oleh floor supervisor dan manajer Housekeeping. Mereka menentukan kamar atau wilayah mana yang harus dibersihkan, membuat jadwal kerja, menetapkan tugas dan memeriksa ulang pekerjaan yang telah dilakukan secara ketat. Penjadwalan sering membutuhkan koordinasi  dengan departemen lain di hotel  untuk menghindari terganggunya layanan lain yang sedang berlangsung. Supervisor juga memastikan bahwa peralatan Housekeeping, seperti penyedot debu, Pemoles lantai, dll  dipelihara dengan baik. Saat menerima pengaduan atau complain dari tamu, mereka harus menginvestigasi permasalahan tersebut  dan memastikan bahwa permasalahan itu ditangani dengan baik.




FUNGSI MANAJEMEN
Fungsi manajemen Housekeeping  dijalankan oleh tingkatan supervisor  yang lebih tinggi atau manajer, tergantung pada ukuran hotel atau skala operasionalnya. Personel yang menjalankan fungsi ini harus memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam hal pengawasan, pengadaan, pengelolaan anggaran dan pemecahan masalah. Sebagai contoh, manajer menetapkan standar Housekeeping dan mengawasi pelatihan – pelatihan terhadap karyawan baru. Mengadakan sesi in-service, menjelaskan kebijakan perusahaan dan mengawasi penggunaan peralatan. Manajer juga mengontrol persediaan, mengurusi catatan penggajian, mengelola  anggaran departemen dan mengatur pengeluaran serta menyediakan laporan tingkat hunian, dll. Peran lain yang tak kalah penting adalah membantu menjaga moral  dan semangat bawahannya tetap tinggi dan memastikan bahwa prosedur keselamatan dipatuhi.


PERSYARATAN
Housekeeping personnel pada tingkatan awal (entry level) biasanya belajar dengan membantu pekerja berpengalaman. Meskipun tidak ada pendidikan formal yang diperlukan, namun mereka harus berada dalam kondisi fisik yang layak. Untuk memulai karier di kapal pesiar, beberapa perusahaan menetapkan personnelnya memiliki setidaknya pendidikan singkat mengenai lingkup kerja dan tanggung jawab housekeeping. Untuk supervisor biasanya membutuhkan setidaknya ijazah sekolah tinggi dan pengalaman dalam Housekeeping. Pada tingkat manajemen, biasanya akan perlu pengalaman sebagai supervisor Housekeeping ditambah pengetahuan tentang software komputer (office). Meskipun tidak selalu diperlukan, pendidikan perguruan tinggi memberi Anda peluang untuk promosi. Gelar sarjana dalam manajemen perhotelan atau referensi dari Asosiasi Eksekutif Housekeepers International amat sangat diperlukan bagi calon pelamar yang ingin berkarier di tingkatan manajemen.


Komentar